“Ded, apa alasan lo pecat tim yang paling berkesan?”

Ada satu kejadian yang bikin saya pecat langsung. Ga pake nunggu.


Ceritanya beberapa orang tim saya di kantor, sering mampir ke meja salah satu tim programmer senior, sebut saja A. Saya merhatiin dari cctv kantor.

Kerjaan di kantor saya itu emang seringnya team work. Jadi 1 project, di-handle beberapa orang. Tapi, saya tau banget siapa terlibat di project mana bareng siapa.

Nah, suatu pagi, saya liat si X duduk bareng si A. Keduanya gak punya project bareng. Selama lebih dari 30 menit mereka ngobrol. I was curious dan bertanya, “Ngapain di sana?”

X menjawab, “Diskusi mau pesan makan siang apa nanti Pak”

Wkwkwkwkw…Gelo. Diskusi makan siang lama banget.


Besokannya, saya ajak beberapa tim makan siang. Sambil ngobrol, saya nanya tentang “fenomena” itu. Berharap ada yang ngasi tau.

Dari salah satu tim, saya jadi tau, ternyata si A punya project dari luar kantor yang dia dapet. Dia bentuk tim kecil di kantor untuk bantuin dia kerjain project itu.

Perusahaan di dalam perusahaan.

Bos kecilnya si A.
Bos besarnya saya.

Si A bagi-bagi proyek di kantor saya, tanpa lewat saya. Resource yang dipake semua punya saya. Kerjaan dibahas di jam kantor. Listrik saya yang bayar. Internet saya yang tanggung.


The next day, saya panggil A, langsung to the point, dan minta A bikin surat resign dan saat itu juga meninggalkan kantor.

Saya masih bayar gajinya selama 2 bulan ke depan. Membereskan project-project saya yang masih dia tangani. Setelah itu, ga ada urusan lagi.


Saya sih ga masalah apapun yang mereka lakukan di luar jam kerja dengan pengetahuan dan resource mereka. Tapi kalo sudah jadi duri dalam daging, ya harus cabut.

* gak, gue gak control freak yang meriksa cctv tiap saat kok. wkwkwkwkw…

Ini kejadian sudah lebih dari 4 tahun lalu.