Ini cerita tentang bagaimana saya pakai strategi di game, untuk bisa lebih baik menjalankan bisnis.


Saya bukan gamers, tapi seneng maen game strategi, Red Alert 2. Dulu kalo gak kuliah, di kosan maennya itu.

Red Alert itu gamenya punya beberapa level. Nah, ada 1 level yang saya gak bisa selesaikan. Udah coba bikin tank, tentara dan pertahanan bagus, eh hancur diserbu musuh.

Setelah 5-6x nyoba. Masih gagal.

Hampir putus asa, saya pake cara yang berbeda banget dari sebelumnya. Tadinya bikin tank dan tentara, kali ini, saya fokus bikin pasukan penembak dari udara.

Cara ini gila sih. Soalnya saya ga punya pertahanan di darat. Semua serangan dilakukan dari udara doang!

Apa hasilnya? Saya menang! Lolos level itu.

Kaget? Ya kaget.

Kok cara nyeleneh dan gak saya sangka-sangka, malah berhasil. Strategi yang secara logika saya pikirin, malah gagal maning.


Setelah saya pikir-pikir, bener kata Einstein. Doi ngomong gini, “ngarepin hasil berbeda dengan tetep ngelakuin hal yang sama, itu gila!”


Setelah bertahun-tahun kerja sendiri, karna gak percaya orang lain, hasil usaha saya gak keliatan. Duit habis aja terus. Gak kaya-kaya.

Akhirnya nekad mendobrak mindset pake strategi game. Saya mulai rekrut tim dan berikan mereka kepercayaan penuh. Ajarin pengetahuan saya agar mereka bisa punya skill yang sama.

Ternyata saya jadi bisa punya extra dana di rekening. Udah ga habis terus. Project lebih cepat kelar. Layanan perusahaan jadi lebih baik.


Berjalan lagi beberapa tahun, saya merasa kondisi agak jalan di tempat lagi.

Saya takut punya tim banyak. Cuma punya 3 orang programmer saat itu. Kenapa? Karna gak yakin bisa menggaji dan ada project terus.

Akhirnya pake konsep game lagi. Coba tehnik 180 derajat yang berbeda. Waktu itu, saya buka lowongan sekaligus nambah 6 orang di tim.

Percaya gak percaya, bisnis berjalan makin bagus. Duit lebih keliatan di rekening. Project ada aja yang masuk. Ga sulit bayar gaji.


Kadang, menggunakan pola pikir yang berbeda dari yang selama ini sudah kita lakukan, bisa ngasih hasil yang mengejutkan.

Konsep ini sering saya lakukan terutama jika merasa bisnis sedang stagnan. Perlu ada terobosan baru.

Yang saya terbalikkan pertama kali? Ya mindset saya.
Yang bisa diubah, langsung dicoba!