Sudah lama “lebih mengutamakan perasaan orang ketimbang perasaan pribadi”.


Jadinya, kalo ada temen yang bilang dia cuma bisa ngobrol 1 jam, otomatis saya akan selesaikan obrolan tepat di jam dia harus pergi. Jadi dia gak bingung dan sungkan nge-cut.

Jadinya, kalo mau presentasi produk ke temen, saya akan bilang dari awal dan minta waktunya. Gak ngajak makan siang, eh ga taunya prospekin layanan saya ke dia.

Jadinya kalo mau minta bantuan temen untuk event di organisasi, pasti saya tanyain dulu kesediaan dia. Kalo luang dan bersedia, baru saya ajak partisipasinya. Jika tidak, ya gpp, namanya minta bantu.

Jadinya, kalo saya butuh promoin layanan, saya ga milih broadcast WA, soalnya banyak yang terganggu. Saya share aja di IG stories, di status WA, di FB, twitter, yang temen saya bisa pilih untuk abaikan.

Jadinya, kalo saya nawarin sesuatu ke temen, dan dia udah bilang gak tertarik, ya saya gak ngoyo/ga maksa. Bilang makasih dan sudahi pembicaraannya.

Jadinya, kalo janji ketemuan sama siapapun dan saya prediksi telat, pasti ngabarin dulu sebelum waktunya. Jadi ga bikin orang lain nunggu lama.


Segan dan gak enak bikin orang lain mendongkol, gak nyaman dan nyesek.