Sudah lama “mengutamakan perasaan pribadi ketimbang perasaan orang lain”.


Jadinya, kalo ada temen yang asik ngobrol lama, padahal dia tau, kita jam 9 udah harus pulang, eh, dia gak kelar-kelar… saya jadi gak segan stop dia dan ijin pamit.

Jadinya, kalo ada temen yang ngajak meeting bisnis, tapi akhirnya malah presentasi asuransi/mlm, saya ga segan pulang setelah jamuan makan malamnya selesai dan sebelum presentasi dimulai.

Jadinya, kalo di organisasi ada event yang dibuat sama temen, tapi dia malah sibuk lempar tanggungjawab ke saya dan mau santai aja, saya gak segan nolak dan bilang, “event ini gue ga paham, bisa bantu sesuai kemampuan ku doang, kalo harus jadi koordinator, maap ga bisa”.

Jadinya, kalo ada yang sibuk broadcast jualan di WA, dan saya terganggu, saya ga segan chat dia kasi tau kalo jangan di-broadcast. Kalo masih ngeyel, ya saya blokir.

Jadinya, kalo telemarketer sibuk nawarin pinjaman, saya ga nunggu dia selesai ngomong, saya bisa langsung cut, bilang maaf ga tertarik dan menyudahi pembicaraan.

Jadinya, kalo ada yang janji ketemuan, tapi ditungguin gak muncul-muncul juga dan ga jelas dia dimana, saya ga akan segan pulang dan anggap meeting itu dibatalkan.


Segan dan kemudian nerima aja, tapi sepanjang waktu mendongkol, gak nyaman, nyesek, BUAT APA?