Dipikir-pikir, orang umumnya akan mudah mengeluarkan uang “besar” kalo dia udah pernah merasakan keluar uang “kecil” dan yang dia dapatkan gak sesuai harapan.

“Hah? Maksud mu, Ded?”

Gini lho. Sebagai contoh…

Dulu, di rumah dan kantor, saya beli stabilizer harga 1 jutaan, dengan kapasitas pas-pasan untuk mengantisipasi tegangan listrik rendah dari PLN.

Awalnya sih aman ya. Tapi semakin dipake, semakin gak reliable. Apalagi pas listrik lagi drop-drop-nya dari PLN. Alat elektronik jadi ga fungsi, ga jarang juga rusak.

Puncaknya, stabilizer sejutaan itu akhirnya terbakar. Untung ada petugas ronda yang bangunin kita. Kalo ga, bisa kebakaran besar. Salah-salah nyawa melayang.


Sejak itu, standard saya berubah. Mulai mencari stabilizer yang bisa diandalkan. Survey sana sini. Nemu brand yang bagus. Punya service center jelas. Garansi jelas. Fitur oke. Kapasitas sudah gak mau beli yang pas-pasan.

Harganya? Sudah jelas beda kelas. 4-5x lipat dari yang biasa saya beli.

Setelah saya pakai, ternyata kualitasnya bagus banget. Perawatannya jelas. Bertahun-tahun pakai, blom pernah ada masalah berarti. Pas mantab. Hidup nyaman, hati tenang.


Kita cenderung mencoba yang murah dulu. Yang ga terkenal dulu. Yang biasa-biasa dulu.

Ketika ternyata gak sesuai harapan. Gak pas. Kita cenderung jadi muak. Jadi capek. Jadi males. Trus akhirnya ganti pakai yang bagus sekalian.