Akhirnya berhasil menjawab pertanyaan “Apa sih arti hidup?” versi saya. Udah lama pengen bikin, baru sekarang kesampean. Ada 10 poin yang saya masukkan.

Disclaimer: hidup masing-masing orang itu beda. Jadi silakan ambil yang cocok, tinggalkan yang lain.

1. Hidup itu tentang menghasilkan agar kehidupan kita nyaman. Tentang membangun sumber-sumber penghasilan. Tentang menciptakan sistem yang mendatangkan pendapatan aktif dan pasif untuk kita.

2. Hidup itu tentang mengutamakan fungsi ketimbang gengsi. Tentang hidup sesuai kebutuhan, ga melulu soal keinginan.

3. Hidup itu tentang menikmati sekaligus mensyukuri yang kita punya. Menggunakan waktu sebaik mungkin, menjaga hubungan baik dengan orang-orang dekat kita, menciptakan moment spesial dan menggunakan apa yang kita punya agar hidup tidak sia-sia.

4. Hidup itu tentang belajar dan selalu meng-upgrade diri. Selalu membuka diri pada hal-hal baru yang menarik dan membuat kita lebih baik.

5. Hidup itu tentang meninggalkan dan menghindari hal-hal yang tidak baik, tidak penting, tidak menarik, dan tidak membuat kita lebih baik.

6. Hidup itu tentang membantu yang membutuhkan, mengangkat orang lain, memberikan edukasi, sharing pengalaman, membantu dengan resource (waktu, tenaga, uang) yang kita punya, agar mereka pun dapat menjadi lebih baik.

7. Hidup itu tentang membuat pencapaian baru, berproses, punya progress, maju dari titik A ke titik B dan seterusnya. Tidak terjebak di satu titik, satu tempat, satu keadaan.

8. Hidup itu tentang memberikan kontribusi kepada masyarakat dan meninggalkan legacy, bahkan ketika kita sudah tidak ada.

9. Hidup itu tentang mengambil peran dan bertanggungjawab. Menjadi seseorang dalam lingkungan kita, menjalankan kewajiban dengan baik, kemudian upgrade peran dan tanggungjawab baru, sebesar yang kita sanggup.

10. Hidup itu tentang melihat dunia, mencari pengalaman baru, lewat rasa, lewat mata, lewat hubungan dengan manusia, alam, benda.

Itu 10 hal yang saya pegang ketika mutusin aktivitas sehari-hari, tujuan-tujuan jangka pendek, menengah dan panjang. Blom terlaksana semua, tapi at least udah ada pedomannya.