“Gimana bisa kerja dari mana saja dan gak terikat jam kerja? Enak hidup mu traveling mulu, Ded…”

Pertanyaan kaya gini, jawabannya ada 3. Versi saya. Ntah kalo orang lain ya.

1️⃣ Tipe kerjaan saya, sedari dulu, emang bisa dikelola dari jarak jauh. Bisa via WA. Bisa Email. Bisa meeting online. Butuh laptop dan Internet aja.

2️⃣ Delegasi di kantor saya udah berjalan. Sudah ada tim yang handle urusan masing-masing. Saya udah set SOP di kantor yang saya ajarin ke tim. Udah jalankan fungsi cek dan ricek. Udah koreksi kesalahan yang mereka lakukan saat proses delegasi. My team gets better over time. Delegasi sukses.

3️⃣ Saya sadar, location and time independent work is still “WORK”. Hanya lokasinya aja yang pindah. Waktunya aja yang lebih fleksibel.

BUKAN. JADI. LEBIH. SANTAI. KERJANYA. Poin 3 ini yang kadang orang gak dapet.


Contohnya gimana?

✅Saya nyampe Bali di weekend. Seninnya, saya duduk di resto hotel, kerja dari jam 10 pagi setelah sarapan, sampe ke makan siang, sampe ke jam 4 sore, baru setelah itu ketemu pantai.

✅Saya lagi di tempat wisata, jam 6 sore dan udah rada gelap, ada issue muncul dari client, harus segera dibereskan. Di parkiran motor yang gelap, saya buka laptop, duduk beresin problem itu. Sampe kelar. Baru pulang ke hotel.

✅Saya di Taiwan, sebelum yang lain bangun, saya udah cari cafe deket Hotel, kerja 2 jam beresin semua urusan. Setelah itu, baru jalan-jalan. Setiap hari selama 2 minggu, itu rutinitas saya.

✅Saya di Bangkok, sewa co-working space selama 3 hari. Kerja dari pagi sampe malam. Gitu terus beresin urusan kantor. Setelah itu, baru nyari mango sticky rice.

✅Saya di KL, bisa kerja 3-4 jam sehari kerja di Starbucks. Trus tetep mantau kerjaan tim di group WhatsApp.

✅Saya tetep buka laptop walaupun lagi di kapal pesiar. Beli paket internet yang harganya ajubile itu.

And the list continues…


Disiplin penting. Tau kapan harus kerja. Tau kapan harus santai. Gampang banget terdistraksi saat kita jalan-jalan dan melupakan kerja.

Salah-salah malah bisnis berantakan.
Salah-salah malah kena pecat.

Yang diposting Dedy Ong ke sosmed, ya emang bagian dia kulineran dan menikmati pemandangan aja. 😂

Sekian.