Salah satu skill hidup yang penting untuk dipelajari dengan baik, adalah cara delegasi atau “lempar kerjaan” yang baik dan benar. Saya pelajari dan praktekkin teknik delegasi dari video Valuetainment ini:

Ini rangkumannya:

⚡ Delegate up! Cari tim yang mampu mengerjakan hal yang kita gak sanggup. Better skill. Better understanding of certain issue. Why? Supaya value dari bisnis kita naik.

⚡ Just because you are best at it, doesn’t mean you should do it. Force yourself not to do it. Kenapa? Supaya bisa fokus pada kerjaan lain yang lebih penting.

⚡ Duplicate yourself by teaching others. Ini proses yang banyak orang lupakan. Proses ngajarin itu penting untuk dilakukan. Ngomong bentar dan nunjuk-nunjuk 5 menit, gak sama dengan mengajar. Paham gak tu orang?

⚡ Match your team to the assigned tasks. Jangan nyuruh ikan manjat pohon. Jangan suruh monyet berenang. Kenali masing-masing orang dalam tim. Sanggup ga dia? Kalo ga mampu, ya jangan dipaksain. Delegasi gak jalan!

⚡ Periksa tugas yang di-lempar sampe kita percaya si orang itu mampu. Kalo gak sesuai harapan, ajarin lagi. Kasi arahan. Jelasin lagi. Encourage orang itu untuk nanya. Sampe bisa.

⚡ Be clear about what you are expecting. Ini penting. Kadang kita udah ngasi kerjaan, tapi gak jelas hasil akhirnya gimana. Harus detail ya. Jadi tim kita gak nebak-nebak kira-kira kek gini sudah oke blom ya?

⚡ Jadi leader, bukan doer of all. Punya bisnis itu bukan one man show. Will never be. You may do things alone when you first started. Eventually, your business grow. You have to let other people do $10 hour job!

⚡ Gak semua hal boleh didelegasikan. Beberapa hal, tetap harus kita, as business owner atau key person di company yang kerjakan.

Apa aja?

Higher level skill or behaviour.
Relationship with your best customer (must deal with you).
Crisis (handle it yourself).
Negosiasi project gede.
Overall strategi dan branding perusahaan.

Hal-hal kaya gini, tetep kita yang pegang kendali. Kalo dikasiin ke tim, malah bahaya.

Ultimate purpose dari delegasi, bukanlah agar kita gak kerja lagi. Tapi kerja sesuai porsi dan sesuai peran. Tujuannya agar value usaha kita lebih baik lagi.

Hope this helps. 🚀