Saya punya kurang dari 24 jam di Kuala Lumpur sebelum saya kembali ke Pekanbaru. It’s been 10 days wandering around Bangkok starting from Nov 18 until Nov 27, 2015. The first 5 days I was with my mom and my sister’s mom-in-law. Sudah lama mama pengen ke Bangkok, mungkin karna sering denger cerita gimana serunya shopping disana. Well, women. 😀

Mendarat di KLIA 2 setelah 2 jam penerbangan dari Bandara Don Mueang, saya punya 2 opsi. Menuju pusat kota untuk berkeliling Kuala Lumpur atau tetap di sekitar Bandara. I finally decided to just wander around this huge airport!

FYI, luas terminal bandara ini 257.000 m2. Adalah bandara ke-20 tersibuk di dunia! Amazing rite? So, apa saja temuan saya sepanjang berkeliling disini? Let’s drill into it!

PERHATIAN: Informasi yang tidak saya ketik mungkin sudah ada di foto. So, please take a look. Thank u! 🙂


1. Cape jalan? Ada FREE Buggy Service!
Kalo udah pernah ke KLIA2, satu hal yang banyak membuat orang terkejut adalah, jarak dari pintu keluar pesawat hingga ke pintu keluar terminal kedatangannya, jauh banget. Saya ga pernah bener-bener timing ya, estimasi sih sekitar 10 – 15 menit. Depends on your walking pace. Untuk yang kesulitan berjalan jauh, diutamakan buat yang membutuhkan bantuan saja seperti lansia, ibu hamil, membawa anak, dll, tersedia buggy service. Gratis.

Buggy itu seperti mobil golf. Bisa muat 6 – 8 orang. Tersedia setiap 10 menit. Look for the sign and wait there.

free-buggy-service

free-buggy-service-1

2. Mau nitip tas atau barang bawaan selama muter-muter?
Tempat penitipan tas baik kecil maupun besar bisa ditemukan dengan mudah di KLIA2. Dari pintu keluar kedatangan, belok ke kanan dan lurus terus hingga ke ujung. They can store as small as your laptop bag or as large as a surf board! 😀

luggage-storage

luggage-storage-2

3. Ngantuk berat atau cape?
Ngantuk berat dan butuh tempat untuk tidur sebentar? 15 menit? 30 menit merem? Well, this happened to me dan solusinya bukan hotel. Tapi kursi pijat di area Rest N Go ini. Tersebar banyak banget di bandara KLIA2 and you won’t miss it. Saya berhasil merem 15 menit and that’s really help!

rest-n-go

4. Sakit saat traveling?
Not feeling okay? Jangan diabaikan. Segera menuju ke MENARA medical clinic yang terletak persis di sebelah kiri pintu keluar kedatangan Internasional. Lokasi lain klinik ini juga ada di Satellite lantai 3 (saya belum pernah muter kesana).

medical-clinic

5. Butuh bantuan polisi?
Yes, ada kantor polisi di Bandara KLIA2. PDRM atau Polis Di Raja Malaysia siap berkhidmat untuk semua yang membutuhkan bantuan di lantai 3.

police-station

6. Mau mandi biar seger? atau tidur 3 jam?
Do it at Capsule Hotel. Hotel yang terletak di lantai 1 bandara KLIA2 ini menyediakan tempat tidur dengan style hostel untuk durasi singkat. Pilihannya: 3 jam, 6 jam atau 12 jam. Mau sendiri, mau berdua, mereka punya pilihan single bed dan double bed. Ga mau tidur? Mau mandi aja? Bisa!

capsule-hotel-1

capsule-hotel-2

capsule-hotel-3

capsule-hotel-4

7. Antrian tiket KLIA Transit atau KLIA Express Panjang? Beli dari Ticket Kiosk aja!
Sebagai sarana transportasi paling cepat ke Kuala Lumpur dari KLIA 2, biasanya banyak yang ngantri untuk beli tiket KLIA Transit atau KLIA Express. Sayangnya sedikit yang tau bahwa ticket kiosk tersedia dan kita bisa beli tiket menggunakan kartu kredit dengan mudah!

klia-transit-kiosk

klia-transit-kiosk-1

klia-transit-kiosk-2

8. Lokasi bagus buat perokok dan pecinta selfie
Seluruh kawasan di dalam Bandara KLIA2 adalah wilayah tidak boleh merokok.  Buat yang pengen merokok atau pengen selfie, head to the smoking area yang terletak di lantai 3. Antara departure hall dan Gateway @KLIA2. Selain bisa merokok, pemandangan melihat jejeran pesawat yang sedang parkir juga keren. 😀

* ada banyak smoking room juga di setiap lantai. Tidak harus ke smoking area yang bisa lihat pemandangan sih.

smoking-area-1

smoking-area-2

smoking-area-3

9. Berapa lama berjalan dari imigrasi hingga ke Gate?
Karena Airportnya gede, KLIA2 memberikan informasi mengenai waktu berjalan yang kita butuhkan untuk mencapai checkpoint tertentu. Ini penting agar kita bisa memutuskan harus jalan santai, jalan cepat atau lari terbirit-birit.

walking-time-klia-2

10. Bagasi ga kunjung datang? Mungkin bagasi kamu termasuk yang OVERSIZE.
Saya pernah menunggu terlalu lama di bagian pengambilan bagasi. Hampir semua penumpang lain sudah dapet tasnya, frame foto pernikahan adik saya tidak kunjung muncul. Usut punya usut, ternyata untuk bagasi berukuran besar, tempat pengambilannya berbeda! Jeng jeng!

Silahkan cari lokasi yang bertanda ini:

oversize-baggage-klia-2

11. Ruang tunggu yang sepi
Tepat di atas pintu keberangkatan Internasional, ada ruang tunggu yang besar dan sepi! Jadi kalo kamu pengen nyantai sambil tiduran tanpa menganggu yang lain, go to this place. Selain itu diatas juga ada 1 restoran, toilet, dan ruang sholat pria dan wanita.

resting-area-klia-2

resting-area-2-klia-2

12. Beroperasi 24 Jam
Tidak peduli jam berapapun kamu tiba di Bandara KLIA2, sebagian besar (hampir semua sih) toko dan restoran yang ada buka 24 jam! Yes. Saya kelaperan jam 1 pagi dan berjalan ke bandara dari Hotel. Menemukan semua makanan memanggil-manggil. Hahaha, so happy!

24-hours-airport-klia-2


Menemukan info menarik lain di Bandara KLIA2 atau ada informasi yang (sudah) tidak akurat? Please leave your comments below.

Facebooktwitterlinkedin