Sebelum baca panjang lebar (this is a rather long post :D), rekomendasi disini hanya dari 1 tour operator yang saya pakai ketika tour ke Ha Long Bay. Saya sama sekali tidak membandingkan harga maupun fasilitas dengan tour operator yang lain.


Bersama dengan pulau Komodo di negara kita, Ha Long Bay dinobatkan menjadi the new wonders dunia. Daerah yang juga adalah UNESCO heritage site ini katanya adalah jawaban Viet Nam atas Raja Ampat di Indonesia. Ga ngerti selevel apa kedua tempat wisata ini, secara saya sendiri belum pernah ke Raja Ampat.


Pencarian Paket Tour

Saya tiba di kota Ha Noi tanpa booking tour ke Ha Long Bay. Ga tau mau booking dimana dan sama siapa. Sebenarnya ada leaflet penawaran tour di hotel di Ho Chi Minh City, cuma ga kita ambil karena dipikir-pikir, mending sama tour operator di Ha Noi saja. Toh Ha Long Bay juga deketan ke Ha Noi ketimbang HCMC.

Lewat online hotel booking website, saya memesan “Royal Palace Hotel 2” yang posisinya di kawasan Old Quarter kota Ha Noi. Kenapa hotel ini? Karena rating dan hasil review-nya bagus, trus harganya juga murah, cuma USD$ 20/malam. Saya cuma memesan 1 malam karena ada kemungkinan ingin explore bagian lain dari kota Ha Noi, jadi kemungkinan akan pindah hotel.

Sambil menunggu proses check-in, manager Hotel nanya apa rencana kami selama di Ha Noi. Karna saya anaknya jujur, saya jawab gak ada rencana apa-apa. 😀 Si manager kaget. Akhirnya saya jawab ada rencana mau ke Ha Long Bay, tapi belum tau harus ngambil tour dimana.

You are lucky!“, kata si manager yang membuat saya menerka-nerka apa hadiah yang saya dapatkan.
We have a tour company under the same group as the hotel. You can take the tour from us.“, dia meyakinkan.

Dengan membawa 1 booklet yang tertulis “Galaxy Premium Cruise”, si manager meyakinkan kami bahwa paket yang dia tawarkan adalah yang affordable dan bagus. Saya sempat baca di blog teman, kalau paket 1 hari ke Ha Long Bay adalah USD$ 30 per orang. So, I wont pay any package more than that price.

I suggest you to take a 2D1N tour to Ha Long Bay, you will spend a night on the junk * and will have more time to enjoy the beauty of it“.
How about a day trip?“, saya pengen tau pendapatnya.
You see, it takes 4 hours drive from here to Ha Long, then 4 hours on the junk, after that you will spend another 4 hours driving back here. You won’t enjoy much of Ha Long Bay“, si manager meyakinkan saya.

* Arti kata "Junk". Awalnya saya pikir itu kaya "Junk Food" :D

* Arti kata “Junk”. Awalnya saya pikir itu kaya “Junk Food” 😀

Bahasa Inggrisnya manager ini not bad. Walaupun tidak 100% jelas. Dari 100 kata yang meluncur, saya nangkepnya 88 kata deh. Sisanya hanya Tuhan dan si manager yang tau. Anyway, nama si manager itu Tom. Dia lagi nawarin saya cruise. Jadi dia adalaaah… Tom Cruise. Yep.

Ok, kembali ke paket tour Ha Long Bay.

Apa yang dijelaskan Tom sangat make sense, ga berasa saya manggut-manggut otomatis tanda setuju.
How much?“, saya bertanya.
For 2 days 1 night, this is the junk you’ll be staying, you have these activities, blah blah blah…“, Tom membuka lembar demi lembar booklet itu dan menjelaskan fasilitas serta semua yang akan saya dapatkan selama berada di kapal itu. Tidak sedikitpun dia ingin buru-buru ngasi tau harganya.

USD$ 179. Saya melihat angka yang tertera di halaman harga. “Bangke lu, Tom, lu kate itu murah?“, saya bergumam dalam hati.
Ketika Tom memberitahu biayanya, saya protes karena harga trip 1 hari info dari teman saya hanya 30 dollar. Jauh dari harga 179 dollar yang lebih mahal berkali-kali lipat. Tom dengan santai menjelaskan bahwa ada banyak jenis junk dengan fasilitas berbeda, jadi harga pasti bervariasi. Dengan 179 dollar, dia jamin kami bahagia.

Dengan uang yang hanya tersisa USD$ 500 di money belt, saya menyatakan ketidaksanggupan mengambil paket tour itu. Kami akan stay 4 hari di Ha Noi dan ini baru hari pertama.

Tom mengambil kalkulator, menekan-nekan, trus memberikan penawaran terbaik abad ini.
I give you 2D1N tour on Galaxy Premium for 2 people, 3 nights stay at our hotel and a free airport transfer on your last day in Ha Noi. All for USD$ 416. How’s that sound?“, Tom tersenyum seperti sudah memberikan kami too-good-to-be-true offer. Itu artinya saya dapat diskon sekitar $20.

Seperti biasa, I don’t say OK right away to every offers. Hehehe. Jadi kami naik ke kamar dulu, sambil browsing review tentang “Galaxy Premium Cruise”. Jaman sekarang, apa sih yang ga ada di Internet? 😀
Dari review, banyak yang bilang bagus. Goyah juga akhirnya pendirian kami. Hahaha. Setelah menghitung uang yang tersisa, akhirnya kami sepakat negosiasi harga lagi. Kali ini saya akan coba $400.

Baru saya sebut angka $400, Tom mengambil kalkulator dan beberapa detik kemudian dia bilang, “Deal. I give u $400“.
Saya mengutuk diri sendiri, seharusnya tadi nego lebih rendah. 😀
Jadinya kami dapet potongan $36 atau senilai Rp 432.000,-. Not bad lah ya?!


The Tour Experience

Jam 8 pagi kami dijemput oleh tour guide bernama Hoan di Hotel. Dengan tampang blasteran dan punya a slight resemblance of Keanu Reeves, Hoan yang lebih suka dipanggil Tim, bisa berbahasa inggris dengan sangat lancar. Menggunakan mini bus kami berkeliling di sekitaran old quarter menjemput peserta tour lainnya di hotel-hotel mereka.

Perjalanan ke kota Ha Long selama 4 jam sangat nyaman dan jalanan mulus. Sepanjang perjalanan, Tim memberikan banyaaak sekali informasi mengenai Viet Nam, budaya masyarakatnya, kulinernya, bahasanya, dll. I learned a lot.

Bus kita singgah di sebuah tempat yang menjual patung-patung, kerajinan sutra, perhiasan dan makanan. Beli atau engga, bebas. Saya sempat mencoba es krim Viet Nam. Enak! Rasa butterscotch. 😀 Lupa nama brand es krim-nya, tapi mirip cornetto gitu.

Tiba di pelabuhan, kami langsung menaiki kapal kecil untuk menuju ke kapal yang lebih besar. Walaupun perairannya tenang, namun safety regulation sangat diperhatikan oleh para kru kapal, jadi setiap orang wajib mengenakan life vest tanpa terkecuali. Menaiki kapal, kami disambut kru inti yang selama 2 hari akan melayani segala macam kebutuhan diatas kapal.

(Kiri) Kapal kecil dan seluruh turis di tour kali ini. (Kanan) Briefing dari tour guide dan manager kapal.

(Kiri) Kapal kecil dan seluruh turis di tour kali ini. (Kanan) Briefing dari tour guide dan manager kapal.

Setelah briefing, kami masuk ke kamar masing-masing. Kamarnya bagus karna bersih dan ada jendela gede disamping tempat tidur. Jadi bisa tiduran sambil melihat pemandangan indah. Trus ada air panas juga. Jadi mandi pagi ga masalah. 🙂 Memang kamar tidak 100% persis sesuai foto di brosur, tapi it was great. Inilah penampakannya…

Pemandangan langsung ke indahnya Ha Long Bay :D

Pemandangan langsung ke indahnya Ha Long Bay 😀

Kamar Galaxy Premium

Kamar Galaxy Premium

Oya, di kamar ga ada air mineral. Jadi harus beli kalo mau minum. Beda sama kamar hotel yang sudah ada airnya ya. Harga minuman juga seperti di Hotel. So, kalo misalnya mau beli air mineral sendiri sebelum berangkat, monggo. Kalo beli di kapal juga harganya masih ok lah.

Makan diatas kapal “Galaxy Premium” ini mewah. Selama 2 hari 1 malam, makan semuanya sudah termasuk. Pagi, siang, malam. Menu makanan per meal-nya banyak. Saya lupa persisnya berapa menu, tapi gak kurang dari 6 menu lah. Ada buahnya juga sebagai penutup. Proper banget. Kita duduk bareng turis lain yang rata-rata bukan Asia. Ga ada yang moto sebelum makan!!! Hahaha. Jadi malu juga sih foto-foto. So, ga ada foto makanannya. 😀

Saat di bus, tour guide sudah mulai mendata makanan apa yang tidak bisa/boleh dimakan oleh masing-masing peserta tour. They even cater for vegetarian! Jadi kalo kita ga makan ayam, sapi, babi, seafood atau makanan lainnya, bisa langsung disampaikan. Nice, right?

Again, minuman tidak termasuk dalam acara makan-makan. Jadi harus beli minum. Ini mungkin yang akan bikin sebagian yang belum tau aga kaget sih. Kalo saya, sudah baca review sebelumnya, jadi sudah tau kalo minum ga masuk dalam paket tour.

Aktifitas selama tour:

  • Sight Seeing
    Karna kapal kita berlayar di perairan Ha Long Bay for most of the time, so, we get to enjoy the beauty of it. Ada deck paling atas dimana kita bisa menikmati pemandangan di ruang terbuka.
  • Wine Party
    Kita disuguhi wine di sore hari, ditemani semangka dan kerupuk (ga tau juga kenapa kerupuk ya? :D). Dasarnya saya ga suka wine, jadi skip.
  • Kayaking
    Dengan menggunakan kayak (untuk 2 orang), kami mengayuh selama sekitar 15 menit ke salah satu pantai. Ada juga beberapa turis yang memutuskan ga kayaking sih, jadi mereka ikut ke pantai dengan kapal kecil.
    Menggunakan kayak itu a bit tricky sih, terutama saat mau belok. Saya ga akan ajarin tehniknya disini, you’ll learn by doing when you are on it. 😀
  • Berenang di Pantai
    Pasir di pantainya putih dan pantainya lumayan lebar. Satu komplain paling sampah plastik yang ada di sekitaran pantai ya. Not very clean.
  • Squid Fishing
    Yes, ini mancing cumi-cumi. Setelah megang pancing selama lebih dari setengah jam, ga ada satu ekorpun cumi yang lewat. If you catch one, let me know ya. Soalnya malam itu, ga satupun cumi-cumi yang kita dapet. Kita sampe ragu apa ada yang pernah berhasil. Hahaha. Saking depresi gagal mancingnya.
  • Karaoke
    Sesi ini menghibur banget. Soalnya koleksi lagunya sudah tua banget-banget. Jadi milih lagu, judulnya benar, lagunya entah apa. Hahaha. Jadinya teman-teman pada nyanyinya asal sampe bikin kita ketawa-ketawa.
  • Tai-Chi
    Olah raga jam 6 pagi di atas kapal adalah senam tai-chi. Dari 25 orang, yang ikut cuma 5. Hahaha. Yang laen molor atau ga berminat. Saya? Ikut dooonk.
  • Belajar Membuat Vietnamese Spring Roll
    Ini menarik karena bikin lumpia Viet Nam sedikit berbeda dari bikin lumpia Chinese. Bahan pembungkusnya dari beras dan lebih kering. Pembungkus harus sedikit dilunakkan dulu dengan kain basah. Terlalu basah bisa bikin koyak. Terlalu banyak isinya juga bisa merusak bahan pembungkus. Seru! 🙂
    Semua lumpia yg dibuat pagi itu, digoreng sama koki dan kita makan rame-rame. 😀
  • Cave Visit
    Ada gua yang ditemukan oleh orang prancis di Ha Long Bay. Namanya the surprising cave. Gede banget. We spent about an hour exploring it.

Tidak satupun aktifitas diatas yang dilakukan terburu-buru. So, we had lots of time and were quite relax doing those activities.
Pelayanan selama di kapal juga sangat baik ya. That is why ketika diminta isi form feedback, saya ngasih semuanya angka 5 for excellent. Ga ada yang bisa saya komplain! 🙂

Perjalanan pulang menggunakan mini bus yang sama. Masing-masing dianterin sampai ke hotel masing-masing. Karna diberikan paket, akhirnya saya tetap stay di hotel yang sama lagi hingga kembali ke Kuala Lumpur. 🙂

Now, it’s time to share lots of photos.

Me on the Galaxy Premium Junk

Me on the Galaxy Premium Junk

Marto, relaxing on a sun shiny day at Ha Long Bay

Marto, relaxing on a sun shiny day at Ha Long Bay

Tim, the tour guide, briefing us all on how to ride a kayak.

Tim, the tour guide, briefing us all on how to ride a kayak.

The Kayak

The Kayak

We parked our kayak on this natural beach.

We parked our kayak on this natural beach.

Senja di Ha Long Bay

Senja di Ha Long Bay

Wine Party di sore hari. Ditemani semangka dan kerupuk.

Wine Party di sore hari. Ditemani semangka dan kerupuk.

Gua yang dinamakan "Surprising Cave"

Gua yang dinamakan “Surprising Cave”

Pemandangan Ha Long Bay difoto dari atas gua.

Pemandangan Ha Long Bay difoto dari atas gua.

Group Photo di Surprising Cave

Group Photo di Surprising Cave

Cooking Class: Vietnamese Spring Roll 101

Cooking Class: Vietnamese Spring Roll 101

Ok. Itu aja info mengenai paket tour yang saya ambil di Ha Noi. Mudah-mudahan cukup memberikan gambaran yah. 🙂
Info lebih lanjut bisa ke galaxypremiumcruises.com.

Facebooktwitterlinkedin